Singkong Merekah

Makanan dari Singkong, Lezat, Gurih, Renyah & Nikmat

Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Saturday, May 27, 2017

Di mana Posisi Imam saat Sholat berdua?

Di mana Posisi Imam saat Sholat berdua? Biasanya pertanyaan ini di tanyakan oleh para imam yang baru belajar mengimami sholat berjamaah di rumah. Biasanya bersama istri tercinta. Semoga mereka yang melakukan sholat berjamaah di rumah, bersama pasangannya di jadikan keluarga yang sakinah mawadah warohma. Aamiim. 

Kembali pada pertanyaan di atas, dimanakan posisi Imam jika sholat berjamaah hanya berdua? Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma menceritakan,

قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ، فَقُمْتُ أُصَلِّي مَعَهُ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ، فَأَخَذَ بِرَأْسِي، فَأَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam, kemudian aku ikut shalat bersama beliau. Aku berdiri di sebelah kiri beliau, lalu beliau memegang kepalaku dan memindahkanku ke sebelah kanan beliau.” (HR. Bukhari 699, Muslim 763 dan yang lainnya).

Selain hadist diatas ada satu lagi hadist yang menceritakan hal yang sama, hanya saja kali ini dari Jabir RA,

ثُمَّ جِئْتُ حَتَّى قُمْتُ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ بِيَدِي فَأَدَارَنِي حَتَّى أَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ ثُمَّ جَاءَ جَبَّارُ بْنُ صَخْرٍ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ جَاءَ فَقَامَ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدَيْنَا جَمِيعًا فَدَفَعَنَا حَتَّى أَقَامَنَا خَلْفَهُ

Kemudian aku datang dan berdiri di sebelah kiri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau memegang tanganku dan memutarku ke sebalah kanannya. Kemudian datang Jabbaar bin Shakhr, ia berwudhu dan langsung menyusul dengan berdiri di sebelah kiri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang tangan kami berdua dan mendorong kami ke belakang beliau.” (HR. Muslim 3010, Abu Daud 634 dan yang lainnya).

Berdasarkan kedua hadis di atas, maka posisi iman saat sholat hanya berdua adalah di sebelah kiri makmum. Atau posisi makmum jika hanya sholat berdua berada di sebelah kanan imam dengan posisi sejajar. Tapi jika datang satu lagi makmum maka posisi iman harus agak kedepan, atau posisi makmum sedikit mundur kebelakang. Itu berdasarkan penjelasan hadist di atas.

lalu apakah jika posisi makmum di sebelah kiri imam maka sholat batal?? Ada dua pendapat berbeda untuk menjawab pertanyaan ini, yaitu:

1. Sholat nya batal dan harus di ulang, 
dalam Al -Mughni 2/55, Ibnu Qudamah berkata, 

ومن صلى خلف الصف وحده، أو قام بجنب الإمام عن يساره، أعاد الصلاة. وهذا قول النخعي، والحكم، والحسن بن صالح، وإسحاق، وابن المنذر

Orang yang shalat sendirian di belakang shaf atau berdiri di samping kiri imam, maka dia harus mengulangi shalatnya. Ini adalah pendapat an-Nakhai, al-Hakam, Hasan bin Soleh, Ishaq bin Rahawaih, dan Ibnul Munzir. (al-Mughni, 2/155)

Mayoraitas ulama Madzhab Hambali berpendapat kalau sholatnya batal dan harus di ulang. Dasarnya adalah kedua hadist dari Ibnu Abbas dan Jabir yangb telah di sebutkan diatas. Menurut mereka, Nabi telah memutar posisi mereka menjadi di kanan beliau, itu maknanya, sebelah kiri imam bukanlah tempat yang tepat untuk makmum yang hanya sendirian. Dengan itu, maka sholat makmum menjadi batal.

2. Sholat tidak batal, hanya tidak sesuai Sunnah dan hukumnya makruh
Pendapat ini di anut dan di nilai lebih kuat dasarnya oleh sebagian besar ulama, diantaranya Imam Ahmad, Imam As-Syafii, Imam malik, Hasan Al Bashri ddan masih banyak lagi. Para ulama pada dasarnya menganjurkan agar makmum yang sholat sendirian, mengikut sunnah nabi, yaitu berdiri di sebelah kanan Imam, tapi jika karena satu dan lain hal, makmum terpaksa sholat di samping kiri Imam maka sholatnya tetap sah hanya saja tidak sesuai Sunnah dan hukumnya makruh.

1 comment:

  1. Play online bk8 slot (video slots) - VNOPBet
    Play online bk8 bk8 slot (video slots) (vnopbet) 온카지노 for 카지노사이트 free, without registration.

    ReplyDelete

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.   Dalam rukum Iman yang ke 4 di sebutkan bahwa Orang Is...