Singkong Merekah

Makanan dari Singkong, Lezat, Gurih, Renyah & Nikmat

Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Monday, July 3, 2017

Macam-macam Doa Iftitah dan Istiftah serta saat membacanya

Doa- doa iftitah dan Istiftah serta penggunaannya. Menurut Ustadz Adi Hidayat,Lc, MA ada 12 bacaan Iftitah/Istiftah. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam selalu mengganti-ganti bacaan doa istiftahnya. Tapi yang populer dan sering di gunakan ada 3, yaitu doa Iftitah Kabiiraw, doa istiftah Wajjahtu (tanpa Inni) dan doa Iftitah Allahumma Baa'id. Masing-masing doa Iftitah dan Istiftah di atas memiliki dallil dan di sebutkan dalam kitab hadist.

Membaca doa Iftitah/Istiftah hukumnya sunnah dan jika tidak di baca tidak membatalkan Sholat.

1. Doa Iftitah Kabiiraw terdapat dalam kitab Musnad Ahmad nomor hadist 4339

Bacaanya:

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
Allaahu akbar kabiiraa wal-hamdu lillaahi katsiiraa wa subhaanallaahi bukrataw wa ashiilaa.

Artinya: Allah maha besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.

2. Doa Istiftah Wajjahtu terdapat dalam kitab hadist Muslim  nomor hadist 1848.

Bacaannya:

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ
Wajjahtu wajhiya lil-ladzii fatharas-samaawaati wal-ardha haniifam muslimaw wa maa ana minal-musyrikiin.
إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil-‘aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal-muslimiin.

Artinya: Aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya shilatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada sekutu bagi-Nya dan dengan itulah aku di perintah dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

3. Doa Iftitah Allahumma Baa'id terdapat dalam kitab Hadist Al Bukhari

Bacaanya:

للَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ
Allaahumma baa‘id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa‘adta bainal-masyriqi wal-maghrib. Allaahumma naqqinii min khathaayaaya kamaa yunaqqats-   tsaubul-abyadhu minad-danas. Allaahummaghsilnii min khathaayaaya bil-maa’i wats-tsalji wal-barad.

Artinya: Ya Allah, jauhkanlah aku daripada kesalahan dan dosa sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari segala kesalahan dan dosa sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran. Ya Allah, sucikanlah segala kesalahanku dengan air, salju dan air embun sebersih-bersihnya.

CATATAN PENTING:

Dalam hadist di sebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW lebih sering membaca doa Iftitah Allahumma Baa'id dalam sholat siang (sholat fardhu) dan membaca doa Istiftah Wajjahtu saat sholat malam.  Hal itu di sesuaikan dengan kondisinya, di mana pada siang hari, manusia banyak berinteraksi dan banyak berbuat salah, sehingga permohonan agar diri di sucikan dari dosa disarankan untuk di lakukan. Dan doa iftitah yang sesuai adalah Allahumma Baa'id. Sedangkan Doa istiftah Wajjahtu yang lebih panjang di baca saat sholat malam yang suasananya lebih khusyuk dan tenang.

2 comments:

  1. Gimana cara mencari dan meneliti jika nomor hadistnya itu benar?
    Saya sudah cari tapi belum ketemu di internet

    ReplyDelete
  2. Gimana cara mencari dan meneliti jika nomor hadistnya itu benar?
    Saya sudah cari tapi belum ketemu di internet

    ReplyDelete

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.   Dalam rukum Iman yang ke 4 di sebutkan bahwa Orang Is...