Singkong Merekah

Makanan dari Singkong, Lezat, Gurih, Renyah & Nikmat

Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Friday, December 29, 2017

Kapan Allah memerintahkan / mewajibkan umat Islam berpuasa

Kapan Allah memerintahkan / mewajibkan umat Islam berpuasa? Pernahkan Anda mendengar seseorang menanyakan pertanyaan ini? Jika pernah, maka berikut ini jawabannya. Di rangkum dari berbagai pernyataan para ulama baik secara lisan maupun tulisan.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Kapan Allah memerintahkan umat Islam berpuasa?

Menurut Ustadz Adi Hidayat, Allah memerintahkan umat Islam berpuasa pada hari senin, 2 Sya'ban tahun ke 2 Hijrah (ada juga yang bilang 10 Sya'ban tahun ke 2 Hijrah, Wallahu a’lam).  Dan perintah itu di laksanan di awal bulan ke 9 dalam kalender Hijrah, yaitu bulan Ramadhan. Di mana pada saat itu, kondisi cuaca sedang panas-panasnya. Puasa yang di lakukan pada bulan itu di sebut puasa tahap pertama. Di mana umat Islam di beri pilihan, antara menjalankan puasa atau membayar fidyah.

Kapan Allah mewajibkan Umat Islam untuk berpuasa?

Jika pada puasa tahap pertama, umat islam di beri pilihan, antara melaksanakan puasa atau memberi makan orang miskin (membayar fidyah). Maka untuk puasa Ramadhan tahap kedua dan seterusnya tidak ada lagi pilihan. Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang berhalangan harus mengganti. Jika tidak mampu mengganti harus membayar Fidyah.

Dari tahapan-tahapan ini terlihat kemurahan Allah SWT. Saat perintah puasa Ramadhan turun, kamum muslimin belum terbiasa puasa, sehingga tidak mungkin mampu menjalankan perintah puasa dengan baik. Karena itu Allah memberi kesempatan dan keringanan pada puasa tahap pertama sebagai proses pembelajaran, yaitu belajar puasa. Jadi puasa ramadhan tidak langsung di wajibkan, agar tidak memberatkan. Baru pada puasa Ramadhan berikutnya, setelah umat Islam siap secara jasmani dan rohani, Puasa ramadhan menjadi wajib dan harus di laksanakan bagi yang mampu.

No comments:

Post a Comment

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.   Dalam rukum Iman yang ke 4 di sebutkan bahwa Orang Is...