Singkong Merekah

Makanan dari Singkong, Lezat, Gurih, Renyah & Nikmat

Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Wednesday, May 17, 2017

Hukum Islam

Hukum Islam yang juga di sebut hukum Syara' terbagi menjadi 5, yaitu:

1. Wajib atau Fardhu, yaitu suatu ketetapan perkara yang sudah pasti (thalab jazm) yang jika di kerjakan mendapat pahala dan jika di tinggalkan mendapat dosa. Wajib atau Fradhu terbagi menjadi 2, yaitu:
  • Wajib 'Ain / Fardhu 'Ain, yaitu perkara yang wajib di kerjakan oleh setiap orang yang mukallaf. Contohnya" Sholat 5 waktu, puasa, Zakat, dll.
  • Wajib Kifayah / Fardhu Kifayah, yaitu suatu kewajiban yang telah di anggap cukup apabila di kerjakan oleh sebagian orang-orang mukallaf. Dan berdosa seluruhnya jika tidak seorangpun dari mereka mengerjakannya. COntoh: Sholat jenazah dan menguburkannya.

2. Sunnah,  yaitu sebuah anjuran untuk mengerjakan suatu perkara, yang apabila di kerjakan akan mendapat pahala, tapi jika di tinggalkan tidak berdosa.
Sunnah terbagi menjadi 3, yaitu:
  • Sunnah Mu'akkad, yaitu sunah yang di ajurkan dan di tekankan untuk di kerjakan. Contohnya: Sholat  tawarih, sholat hari raya, dll.
  • Sunnah Zaaidah, yaitu perkara yang disunnahkan untuk mengerjakannya sebagai sifat terpuji bagi mukallaf, karena mencontoh perbuatan nabi. Contoh: makan dengan taangan kanan,  sedekah, dll.
  • Sunnah Ghairu mu'akkad, yaitu sunah yang di anjurkan tapi tidak di tekankan. Contohnya: sholat sunah rowatib, dll.
3. Makruh, yaitu suatu perkara yang apabila di kerjakan tidak berdosa, tapi jika di tinggalkan akan mendapat pahala. Contohnya: makan jengkol & petai, dll.

4. Mubah, yaitu perkara yang yang di kerjakan atau tidak, sama2 tidak berdosa dan tidak mendapat pahala. Alias boleh-boleh saja.

5. Haram, yaitu perkara yang tidak boleh di lakukan. Jika di kerjakan berdosa, dan jika di tinggalkan akan mendapat pahala. Contohnya: berdusta, minum minuman keras, berzina, dll.

No comments:

Post a Comment

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.   Dalam rukum Iman yang ke 4 di sebutkan bahwa Orang Is...