Singkong Merekah

Makanan dari Singkong, Lezat, Gurih, Renyah & Nikmat

Post-Title 2

Description / Caption 2

Post-Title 3

Description / Caption 3

Post-Title 4

Description / Caption 4

Post-Title 5

Description / Caption 5

Saturday, May 27, 2017

Orang yang Buruk Akhlaqnya adalah Orang yang paling Merugi!

Orang yang Buruk Akhlaqnya adalah Orang yang paling Merugi! Tak perduli betapa rajin ibadah Sholatnya, ibadah puasanya, tidak pernah mangkir membayar Zakat, selalu bersedekah, tapi jika Akhlaqnya buruk, maka dia adalah orang yang paling merugi.

Dalam sebuah majelis, Nabi Muhammad  pernah bertanya, "tahukah kalian, siapakan orang yang paling merugi?" Yang Hadir menjawab, "orang yang tidak punya harta..."

Mendengar itu Nabi bersabda yang artinya kurang lebih begini, 
"Orang yang merugi dari umatku adalah orang-orang yang pada hari kiamat datang dengan membawa seluruh amalnya, ~Amal Sholat, Amal Puasa, Amal Zakat, dan semuanya ~ sedangkan semasa hidupnya dia telah banyak mencaci ini, menuduh itu, memakan harta orang lain, memukul, menyakiti orang lain bahkan menumpahkan darah. Maka pada hari kiamat itu, di tebusnya seluruh perbuatan jahatnya itu dengan amal baiknya,  Jika amal baiknya masih kurang, maka akan di ambilkan amal buruk orang yang pernah di sakitinya, sehingga keburukan orang-orang itu berpindah padanya. Setelah itu baru dia di lemparkan ke neraka..." (HR. Muslim no. 65222 dan At Tirmidzi no2418)
Dari Hadist tersebut diatas, jelas di sebutkan, bahwa sebesar apapun amal ibadah kita yang baik, jika kita beerbuat tida baik, kita tetap akan merugi. 

Saya teringat apa yang pernah di petuahkan guru ngaji saya dulu, bahwa sebaik-baik amal perbuatan adalah tidak berbuat salah pada orang lain.  Karena jika kita berdosa pada Allah, kita bisa memohon Ampunan dan Allah maha pengampun,  tapi jika kita berbuat salah  pada orang lain, sebesar apapun kita memohon Ampun pada Allah, Allah tidak akan mengampuni dosa kita selama orang yang kita sakiti belum memberi maaf.

No comments:

Post a Comment

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.

Nama-nama 25 Nabi dan Rasul yang Wajib di ketahui oleh Umat Islam beserta Sifatnya.   Dalam rukum Iman yang ke 4 di sebutkan bahwa Orang Is...